BELAJAR ADALAH KENIKMATAN

Koneksi Database Pada Java: SQL & JDBC

by e Best Materi , at Friday, October 08, 2010 , have 0 comments
Perintah-perintah yang ada di lingkungan Database :
1.Select
2.Insert
3.Update
4.Delete


1.  Create Database di Java DB/Derby
Membuat database pada Java DB dapat dimulai dengan memilih menu Tools Create Database. Isikan nama Database, misal PBO, kemudian isikan User Name dan Password tekan OK. Maka database baru dengan nama PBO telah berhasil di buat....



Untuk menjalankan Perintah-perintah query, buka windows SQL Command dengan cara dari menu Services. Pilih koneksi dari Database yang telah anda create sebelumnya. Klik kanan pilih Execute Command.. maka akan muncul Windows baru. Mulailah menjalankan perintah-perintah SQL.


2.  Create New Table
Untuk mebuat tabel baru dapat anda lakukan dengan membuka window SQL pada aplikasi pgAdmin, setelah itu jalankan perintah sql dibawah ini :

Create Table Siswa (
npm varchar(10) NOT NULL PRIMARY KEY,
nama varchar(50) NOT NULL,
agama varchar(20),
alamat varchar(100),
tgl_lahir date
)


3. Perintah Query
3.1. Insert
Untuk menambahkan data pada table yang telah dibuat di atas digunakan perintah Insert seperti berikut :


Insert Into siswa Values('07032','yoga sutopo','islam','berbah
klaten','1986/11/07');

Insert Into siswa Values('07033','ade suaeb','islam','ngemplak
sleman','1986/10/12');

Insert Into siswa Values('07034','sambada','islam','blok agung
banyuwangi','1987/01/21');

Pernyataan SQL SELECT dimulai dengan kata kunci SELECT, diikuti oleh tanda koma dari kolom-kolom yang akan ditampilkan, kemudian clause FROM yang menentukan tabel yang berisi data yang akan ditampilkan. Secara bebas, clause WHERE dapat ditambahkan pada pernyataan SELECT, menjelaskan sebuah set dari kondisi yang harus ditemukan oleh data yang akan dikembalikan oleh database. Clause WHERE tidak dipisahkan oleh koma; melainkan, dia tehubung oleh pernyataan AND atau OR yang fungsinya sama dengan logik mereka. Menetapkan * sebagai nama kolom memberitahu database server untuk
meretrieve semua kolom yang tersedia didalam tabel. Menampilkan field nama dan alamat dari semua data siswa :

Select nama, alamat From siswa;

Menampilkan semua field dari siswa yang nama berawalan huruf ‘a’:

Select * From siswa Where nama Like ‘a%’;

Pernyataan DELETE menghapus baris data pada tabel yang dipilih.
Struktur dasar dari pernyataan DELETE adalah :

DELETE FROM nama-tabel WHERE kondisi

Dimana nama-tabel adalah nama dari tabel yang berisi baris data yang akan dihapus. Daftar data dari kondisi secara bebas dapat dispesifikasikan sebaik mungkin. Jika tidak diberi kondisi, maka pernyataan akan mneghapus semua baris data pada tabel yang telah ditentukan.

Pernyataan UPDATE akan mengupdate baris yang dipilih pada tabel, sebagai lawan dari pernyataan INSERT yang menambahkan baris data baru. Format dasar pernyataan UPDATE adalah:

UPDATE nama-tabel set nilai-kolom WHERE kondisi

Dimana nama-tabel adalah nama dari tabel yang berisi baris yang akan diupdate, dan nilai-kolom adalah daftar data dari nama kolom dan nilainya. Secara bebas, daftar data dari kondisi dapat ditambahkan secara spesifik dengan baris yang akan dimodofikasi pada tabel. Jika tidak diber kondisi, maka update data akan dilakukan pada tiap-tiap baris didalam tabel yang ditentukan. Berbagai update harus disesuaikan dengan aturan integritas pada database. Sebagai contoh, menyetting nilai null pada kolom yang sudah ditetapkan dengan nilai NOT NULL akan menyebabkan pernyataan tidak akan dijalankan dan terdapat pesan error pada relasi database.


4. JDBC
Java menyediakan standard API untuk mengakses database yang disebut Java Database Connectivity (JDBC) API. Dengan menggunakan ini, para pengembang memungkinkan dapat mengakses database tanpa memperdulikan vendornya; para vendor menyediakan implementasi untuk abstract interfaces yang dijelaskan didalam API, penyediaan tersebut sama dengan set dari kemampuan koneksi untuk para pengembang.

  • java.sql.Connection – membuat sebuah koneksi dengan database. Secara abstrak memberikan detail dari bagaimana cara untuk berkomunikasi dengan database server.
  • java.sql.DriverManager – mengatur JDBC driver yang digunakan oleh aplikasi. Pada hubungannya dengan proper driver URL dan proper authentication, dapat menyediakan aplikasi dengan valid instances dari object koneksi.
  • javax.sql.DataSource – memisahakan detail (URL, authentication details) dari bagaimana untuk memperoleh sebuah koneksi ke database. Merupakan method terbaru dan yang lebih disukai dari obtaining Connection objects.
  • java.sql.Statement – menyediakan method untuk para pengembang dalam mengeksekusi pernyataan SQL.
  •  java.sql.ResultSet – menyediakan hasil dari sebuah pernyataan SQL. Objects ini sering dikembalikan dari method yang terletak pada Statement object.

Membuat file Java Class untuk koneksi ke database postgreSQL.


File : NewSql.java





Hasil Koneksi dan Query ditampilkan pada file JSP


File : database.jsp



e Best Materi
Koneksi Database Pada Java: SQL & JDBC - written by e Best Materi , published at Friday, October 08, 2010, categorized as Java . And have 0 comments
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 e Best Materi by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger